Monday 10 March 2014

Pemuda Jagur menghidupkan Kemerdekaan RI Ke 68

Rasa Patriotisme dan Nasionalisme yang sekarang ini dirasakan sangat rendah. Berbagai cara Pemerintah dan beberapa partai politik mencoba untuk menghidupkan kemballi rasa tersebut namun hasilnya tidak signifikan. 

Pemuda Jagur khususnya yang berada diwilayah RT. 001/010 menyadari hal tersebut maka kemerdekaan RI ke 68 tahun 2013 yang kebetulan jatuhnya setelah lebaran 1413 H memacu dan membangkitkan semangat mereka sehingga bertekan untuk memeriahkan acara tersebut.

Beberapa rangkaian kegiatan telah dilakukan para pemuda ini mulai dari merias kampung dengan bendera merah putih yang dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2013, lomba anak-anak dan Lomba untuk ibu-ibu yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2013 serta malam puncak kemerdekaan HUT RI ke 68 yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2013. Semua kegiatan ini dibawah koordinasi Sdr. Ramli dan Sdr. Wisnu Ismantoro dimana para panitianya adalah para pemuda Jagur khususnya Pemuda RT. 001/010

Dana untuk kegiatan dimaksud didapat dari swadaya murni masyarakat ditambah kas RT. 001/010. Semua Kegiatan berhasil dilaksanakan dengan baik bahkan mendapat respon positif mulai dari Pengurus RW, Tokoh Masyarakat, Alim ulama dan warga RT. 001/010

Pada Malam puncak kemerdekaan RI ke 68 dilaksanakan dengan adanya panggung hiburan dimana semua penampilan dari warga RT. 001/010 yaitu berupa penampilan Hadro yang dipimpin oleh Batong (Putra tokoh masyarakat yaitu Bang Kidum), Qosidah dipimpin oleh Mpok Mamah, Puisi dari anak-anak dan tari modern yang semua pelaku tarinya adalah anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar serta pemberian hadiah lomba bagi pemenang lomba. Selain itu ada yang sedikit berbeda dari panggung-panggung yang dilaksanakan oleh RT lain yaitu untuk acara makan malam pada malam puncak HUT RI ke 68, yaitu pembukaan acara dilaksanakan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan panitia mengkoordinir makanan kaki lima disekitar panggung dan semua warga yang hadir dilokasi panggung tersebut dapat menikmati jajanan kaki lima ini secara grati yang dihiasi dengan obor sehingga terkesan nuansa pedesaan.

Rochmat, warga jagur mengatakan bahwa panggung seperti ini sudah sangat lama dinantikan oleh warga karena sudah 10 tahun lebih tidak ada panggung seperti ini apalagi penampilan anak-anak begitu menghibur sehingga para orang tua tahu kemampuan anak-anaknya dalam bidang kesenian.

Ramli selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini didasari karena banyaknya permintaan dari warga yang rindu akan nuansa pedesaan, maka kami sepakat untuk mengambil momentum ini sekaligus menanamkan rasa kecintaan kepada bangsa ini secara tidak langsung kepada para generasi penerus bangsa.

Malam puncak HUT RI ke 68 berjalan dengan baik juga tidak terlepas dari pihak keamanan yang telah membantu seperti Babinkamtibmas, Babinsa dan Mitra Babinsa dibawah pimpinan Bapak Ras.

No comments:

Post a Comment