Monday 10 March 2014

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI KALIMALANG BERSAMA GRJB

Warga jagur yang berada diwilayah RT 001, 002 dan 003 merindukan peringatan maulid nabi Muhammad SAW yg dibuat oleh warga sendiri tanpa ada kepentingan apa pun. Melihat dan menampung aspirasi ini ditambah dg situasi saat ini dimana para partai politik sedang gencar mencari dukungan demi partai maupun calegnya merupakan tantangan tersendiri.

Para pengurus RT 001, 002 dan 003 juga menyadari hal ini ditambah dengan kondisi para remaja yang memang sekarang lebih banyak yg kurang suka dengan ibadah dikarenakan perkembangan IPTEK dan pergaulan yg juga dapat membawa efek negatif terhadap para remaja menjadikan tantangan yg cukup berarti dalam merealisasikan aspirasi warga tersebut.

Dengan melihat situasi yg ada dan berbagai tantangan yang telqh disebutkan diatas maka para pengurus RT yg tergabung dalam Forum Komunikasi Pengurus RT 001,002 dan 003 sepakat untuk mewujudkan aspirasi tersebut dan bekerja sama dengan Gerakan Remaja Jagur Bersatu (GRJB). Karena hal ini sudah lama tidak pernah dilaksanakan maka kami memerlukan penasehat yang memang mengerti seperti para alim ulama dan tokoh masyarakat yang ada diwilayah jagur.

Dalam jangka waktu hanya satu bulan GRJB
mampu melaksanakannya yang memang peringatan maulid ini hanya dari, untuk dan oleh rakyat. Ketua GRJB sdr Wisnu mengatakan keinginan warga ini harus dapat dilaksanakan dan untuk itu pengurus GRJB membentuk panitia pelaksana yg terdiri dari para remaja yang ada diwilayah RT 001, 002 dan 003 dan ketua panitia pelaksana dipilih sdr Haikal. Saudara Ramli yang merupakan Tokoh Pemuda RT. 001/010 juga mengharapkan agar Maulid Nabi Muhammad SAW ini dapat terlaksana dengan baik namun harus dapat merangkul semua jenis kelompok remaja sehingga timbul rasa memiliki untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Dana yang didapat dalam melaksanakan kegiatan ini antara lain dari Swadaya masyarakat, uang kas RT. 001, 002 dan 003, Para Donatur yang tidak mengikat atau mempunyai kepentingan pribadi atau golongan. Semua kegiatan ini mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan dilakukan oleh para pemuda jagur.

Kerja sama dan persatuan dari mulai perencanaan sampai dengan pelaksanaan terbukti berjalan dengan baik maka pada tanggal 7 Maret 2014 dilaksanakanlah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dipinggir kalimalang dengan jamaahnya para warga yang ada di RT. 001, 002 dan 003 baik kaum adam mau pun kaum hawa yang dihadiri juga oleh tokoh masyarakat, para alim ulama yang ada disekitar kelurahan Cipinang Melayu dan tokoh agama seperti K.H. Abu Hanifa, K.H. Achmad Taufik, K.H Machfud Ghoni dan hadir juga Guru Jawas.

Meskipun jamaah yang hadir tidak terlalu banyak namun para penceramah tetap semangat memberikan siraman rohani yang pada intinya memberikan peringatan dan mengingatkan para jamaah antara lain : 1. Untuk lebih banyak beribadah hanya kepada Alloh dan Mencintai RosulNYA
2. Berbagi Kasih sayang dan rezeki kepada kaum yang berhak menerima
3. Bahwa Maulid Nabi Muhammad bukanlah Bid'ah
4. Cintai lah kedua orang tua mu terutama Ibu agar mendapatkan Keridhoan ALLOH SWT
5.  Belajarlah Mengaji jangan hanya dengan satu guru dan ikutilah hadist dan perilaku Nabi Muhammad SAW dalam menjalani kehidupan agar selamat dunia dan akhirat
6. Perbanyaklah dzikir, sholawat dan membaca qur'an agar kita damai di dunia dan akhirat
7. Hubungan sesama manusia juga perlu ditingkatkan begitu pula dengan hubungan kepada Sang Khalik serta hidupkanlah Masjid atau Musholla yang ada dengan berbagai kegiatan yang dapat mendatangkan keridhoan Alloh SWT.

Saudara Koko yang merupakan Sekretaris RT. 001/010 mengatakan sangat puas dengan pelaksanaan Maulid ini yang memang jamaahnya hanya dari warga RT. 001, 002 dan 003 meskipun belum banyak yang hadir namun terlihat sudah kepedulian warga terhadap agama. Apalagi peran wanita dalam memeriahkan kegiatan ini sangat luar biasa, bila wanita bisa melakukan kenapa para kaum adam tidak dapat membuat majelis yang sama seperti wanita, hal ini merupakan pecutan motivasi untuk GRJB agar dapat merealisasikannya.

H. Fathoni Achmad yang merupakan tokoh alim ulama di RT. 002/010 dan didampingi oleh Ketua RT. 002/010 Bapak Satiri Iman Saputra juga merasakan hal yang sama yaitu perasaan puas atas pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan mengingatkan kepada para RT. 001, 002 dan 003 serta GRJB agar tahun yang akan datang perencanaan harus lebih matang lagi sehingga banyak warga yang tersentuh, "Tahun depan jumlah jamaah yang hadir dari warga kita harus 5 kali lipat dari yang sekarang" demikian kata motivasi yang disampaikan tokoh ini. Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Panitia yaitu Ustad Nasrulloh yang merupakan warga RT. 003/010 dan didampingi oleh Ketua RT. 003/010 Bapak Hazani, meminta agar pemuda dapat lebih kompak dan proaktif lagi dalam mensyiarkan agama Islam dan harus dimulai dari diri sendiri, keluarga baru lingkungan sekitar. Abeh Kidum merupakan salah satu tokoh masyarakat RT. 001/010 bersama beberapa panitia seperti Abdul Aziz, Muhammad Baidillah dan Wildan juga mengatakan bahwa Maulid Tahun yang akan datang harus lebih baik lagi kalau perlu pemain Hadro nya harus ada dari anak-anak GRJB.

Tema maulid tahun ini adalah Jadikan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Momentum untuk persatuan dan mempererat tali silahturahmi. Semoga tema tersebut menjadi sebuah realita dalam kehidupan bermasyarakat sehingga tercipta kerukunan hidup masyarakat yang madani.

No comments:

Post a Comment