Monday 25 August 2014

PEMUDA JAGUR KEMBALI MEMBUKTIKAN DIRINYA SAMPAI PECAH BISUL

 Sepertinya Tahun 2014 ini merupakan pembuktian diri para Pemuda Jagur yang tergabung dalam Gerakan Remaja Jagur Bersatu (GRJB) untuk mengeksplor dirinya, hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan. Selama 6 (enam) Bulan belakangan ini berbagai kegiatan telah dilakukan dan berhasil serta berjalan dengan baik. Berawal dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan bulan Maret yang dipimpin oleh Sdr. Haikal bersama teman-temannya lalu bulan Mei yang diawali dengan Perbaikan Saluran secara Swadaya yang dilakukan oleh Warga RT. 001/010 bersama para Pemudanya kemudian pelaksanaan peringatan Isra Mi'raj yang dipimpin oleh Sdr. Dilla dan kawan-kawan sampai berbagai kegiatan Halal Bi Halal sekaligus Peringatan HUT RI ke-69 yang dipimpin Sdr. Ramli dan kawan-kawan.



Perbaikan saluran secara swadaya ini merupakan realisasi dari permohonan warga RT. 001/010 karena disaluran ini semakin lama semakin mengecil dan hampir rubuh dikhawatirkan akan menyebabkan banjir saat hujan datang. Ketua RT. 001/010, sdr Romy mengatakan bahwa sebenarnya perbaikan saluran ini sudah beberapa kali diajukan dalam Rembug RW dan Musrenbang Kelurahan namun tidak berhasil juga maka atas permohonan warga dilakukan perbaikan saluran ini secara swadaya yaitu menggunakan uang kas RT. 001/010, warga yang membantu juga sangat banyak sehingga terasa ringan, inilah cerminan gotong royong.

Selain memang karena permohonan warga, dibulan awal mei tersebut curah hujan cukup tinggi ditambah lagi ada rumah warga yang antara rumah dengan saluran
jembatanya roboh dan mengakibatkan banjir, hal ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan efek negatif yang lebih besar lagi. Saluran air harus berjalan dengan baik agar tidak terjadi banjir demikian yang diutarakan Sdr. Koko selaku Sekretaris Umum RT. 001/010 yang turut serta turun tangan. Selain itu warga juga membuat jaring agar sampah tidak masuk kedalam saluran yang tertutup jembatan penghubung antara rumah dengan jalanan.

Harus diakui bahwa pemuda RT. 001/010 secara kuantitas paling banyak maka didalam GRJB pun banyak didominasi oleh pemuda RT. 001/010 namun demikian para pemuda dari RT. 002 dan 003 RW. 010 pun banyak membantu kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman dibawah koordinasi Sdr. Wisnu

Peringatan Isra Mi'raj yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2014 ini dihadiri langsung oleh Abuya K.H. Syaifudin Amsir, K.H. Abu Hanifa, Ust. H. Amirudin Said, Ust. Muhammad Ridho dan Tokoh Ulama setempat seperti Ust. H. Fathoni Ahmad, Ust. Nachrowi, Ust. Uyo dan masih banyak para ustad setempat yang tidak dapat disebutkan satu per satu, begitu pula dengan tokoh masyarakat yang hadir seperti Abeh Kidum sang raja Pantun, Bapak Waryono, Bapak Dwi dan lain-lain

 Siapa yang tidak mengenal Abuya K.H. Syaifudin Amsir yang karena keilmuannya dapat mengajak para umatnya untuk lebih taat beribadah kepada Alloh SWT dan mencintai kekasih Alloh yaitu Nabi Muhammad SAW. Dalam ceramahnya dalam peringatan Isra Mi'raj ini, abuya mengajak para pemuda untuk lebih banyak lagi belajar terutama dalam ajaran Islam. Meskipun saat menghadiri acara dimaksud Abuya tidak dalam keadaan yang sehat 100% namun demi umat dan kecintaannya kepada Alloh dan Rosulnya terutama para remaja jagur, Abuya hadir dan memberikan ceramah agamanya kepada para pemuda jagur.

K.H. Abu Hanifa yang dikenal sebagai Macan Panggung pun hadir memenuhi undangan panitia pelaksana dibawah pimpinan Sdr. Dilla dan didampingi Sdr. Abdul Aziz. Dalam ceramahnya K.H. Abu Hanifa menitik beratkan kepada persatuan Umat Islam karena saat itu situasi politik sedang memanas karena adanya pilpres. K.H. Abu Hanifa juga mengajak para pemuda untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan mempertebal iman dan tauhid

 Qori Nasional yaitu Ust. H. Amirudin Sa'id memenuhi undangan panitia untuk membawakan Sholawat nabi besar Muhammad SAW, lantunan yang dibawakan begitu indahnya diiringi dengan Hadro dibawah Koordinasi Sdr. Abdul Aziz, sehingga jamaah pun begitu meresapi sholawat pada saat itu. Inilah bentuk kecintaan kita kepada Nabi Besar Muhammad SAW. 

Selain Ust. H. Amirudin Sa'id hadir pula Ust. Muhammad Ridho yang juga qori nasional tahun 2011 membacakan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang berkenaan dengan Isra Mi'raj sehingga menambah kekhusyu'an acara peringatan Isra Mi'raj tahun ini. Acara ini dihadiri bukan hanya dari kaum adam saja namun tidak sedikit para kaum Hawa yang berada di Jagur dan Sekitarnya turut menghadiri acara ini. Kaum hawa di Jagur memang terkenal dengan majelis taklimnya yang aktif, semoga hal ini dapat menular kepada kaum ada di wilayah Jagur. 
H. Fathoni Achmad yang merupakan tokoh alim ulama wilayah jagur dan juga pada kegiatan ini menjadi pembina dari panitia pelaksana peringatan Isra Mi'raj juga mengatakan puas dengan apa yang telah dilakukan para pemuda, dan hal ini harus terus dilaksanakan dan perlu dijadikan budaya agar rohani umat manusia terutama warga Jagur mendapat cakupan makanan kerohanian sehingga akan tercipta umat manusia yang kuat iman dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Bila pemuda jagur dapat terus mempertahankan kegiatan semacam ini, Insya Alloh wilayah jagur selalu mendapatkan rahmat dan lindungan dari Alloh SWT.


Ketua GRJB sdr Wisnu juga mengatakan dan mengajak para pemuda untuk terus berkreatif dalam membangun wilayah jagur, Wisnu juga mengingatkan bahwa banyaknya anggota GRJB harus menjadi kekuatan positif dalam menjaga dan membangun wilayah jagur. Sdr. Ramli yang merupakan Kepemudaan dari RT. 001/010 juga mengajak para pemuda Jagur untuk mengaji lebih dalam lagi selain kreatifitas yang selama ini dibuktikan. Ramli juga menginginkan agar warga jangan menutup sebelah mata kepada para pemuda jagur.

Dibulan Ramadhan Tahun 2014, dilakukan pemilihan Capres dan Cawapres, Kembali para pemuda yang menjadi motornya hal ini diwujudkan dengan para pemuda Jagur yang menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS). Untuk Ketua PPS nya adalah Sdr. Agus Wahyudi yang dibantu oleh Sdri Rina, Bapak Sulthon, Sdr. Fatah, Ibu Nina, (Istri Pak Lukman Abidin), Sdr. Wisnu, Sdr. Rochmat , Sdr. Gunadi Achmad, Sdr. Jacky. Pemilihan Capres dan Cawapres di TPS ini berlangsung dengan baik dan aman dan lancar tanpa ada halangan apapun.

Setelah ditempa keimanan dan ketaqwaan selama bulan Ramadhan tahun ini maka dibawah kendali Sdr. Ramli, Pemuda RT. 001/010 sepakat untuk mengadakan acara halal bi halal dan peringatan HUT RI Ke-69 yang dananya dari swadaya warga dan donatur serta sponsor yang tidak mengikat dan tidak dalam kategori politik. Berbagai kegiatan yang dilakukan panitia pelaksana membawa nilai yang sangat baik dan mencerminkan organisasi kepemudaan yang baik meski dalam pelaksanaannya banyak hambatan dan kendala yang harus dihadapi termasuk psikologi para panitia yang naik turun, namun hal ini menjadi sebuah pelajaran bermakna untuk terus meningkatkan kreatifitas demi warga. Kegiatan ini adalah kegiatan dari warga, oleh warga dan untuk warga
 Beberapa kegiatan yang dilakukan panitia pelaksana antara lain merias kampung yang dilaksanakan pada tanggal 10 sd 13 Agustus 2014 yang dibantu juga oleh pengurus RT dan Pengurus RT juga menghimbau warganya agar memasang Bendera Merah Putih dirumahnya masing-masing. Kemudian berbagi perlombaan seperti lomba catur, lomba gaple berpasangan, lomba sepeda hias, lomba pukul balon, lomba tarik tambang, lomba ambil duit dibuah, lomba memasukan bendera ke botol, lomba merias wajah istri dengan mata tertutup, lomba balap karung, lomba makan krupuk dan lain sebagainya mewarnai peringatan HUT RI ke-69 ini bahkan pada tahun ini Jagur dapat melakukan lomba Panjat Pinang, Pukul Bantal dan jalan di pinang yang dananya dibantu sepenuhnya oleh salah satu provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia Yaitu Telkomsel.  Kegiatan lomba-lomba tersebut diatas pada tahun ini diliput juga oleh media elektronik seperti SCTV, RCTI dan R TV.

Warga jagur sangat antusias dalam memeriahkan kegiatan lomba ini namun yang perlu diingat bahwa antusias warga mengikuti berbagai kegiatan lomba ini bukan karena adanya liputan media Elektronik namun sebagai bentuk rasa kegembiraan dalam memeriahkan HUT RI Ke-69. Warga Jagur dalam mengikuti berbagai lomba ini dari berbagai golongan yaitu anak-anak, ibu-ibu, remaja dan bapak-bapak.
Berbagai lomba yang dilakukan dan diikuti oleh warga mempunyai makna yang sangat berarti sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai kesuksesan perlu perjuangan, pengorbanan, keikhlasan, Semangat dan jangan lupa berdoa. Termasuk juga kerja sama dan koordinasi yang baik agar tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud, Bagitulah para pejuang kita meraih kemerdekaan ini dan makna tersebut diwujudkan oleh panitia pelaksana dalam bentuk berbagai perlombaan. Memang harus diakuti bahwa untuk berbagai jenis perlombaan ini semua ada sisi Negatifnya, untuk itu Sdr. Ramli sebagai Ketua Pelaksana menghimbau agar jangan melihat sisi negatifnya karena sisi negatifnya lebih sedikit dari pada sisi positifnya. Begitu pula Sdr. Agus Wahyudi yang mengatakan bahwa bila hanya melihat sisi negatifnya maka tidak akan ada perlombaan seperti ini sehingga makna kemerdekaan akan terasa hambar. Sdr. Dilla yang merupakan koordinator perlombaan juga mengatakan yang sama. Selain perlombaan diatas ada juga pawai dari Sepeda Hias anak-anak. Secara keseluruhan berbagai kegiatan yang dilaksanakan panitia berjalan dengan baik sesuai rencana.


Panjat Pinang sebagai Icon di sepanjang kalimalang merupakan budaya tersendiri untuk warga Jagur, karena panjat pinang ini sudah dilakukan dari dahulu kala sampai pernah mendapat bantuan biaya dari Pemerintah Kota Jakarta Timur yang saat itu Walikota di jabat oleh Bapak Dr. H. Koesnan A. Halim, SH yang dahulu diberi nama Festival Kalimalang, namun 5 tahun terakhir kegiatan panjat pinang sudah tidak ada lagi maka puncak kegiatan dari panjat pinang baru dimulai pada tahun ini berkat bantuan dari sponsor utama Telkomsel.
Akhir dari kegiatan peringatan HUT RI ke-69 ini adalah malam Puncak HUT RI ke-69 dan Halal bi Halal yang dilaksanakan di Jalan Jagur I dimana diadakan panggung hiburan untuk warga. Sesuai dengan kata Sambutan dari Ketua Panita Pelaksana yaitu Sdr. Ramli mengatakan bahwa Kegiatan ini adalah Dari Warga, Oleh Warga dan Untuk Warga. Sdr. Ramli dan Sdr. Agus Wahyudi dibantu beberapa tokoh kepemudaan dari RT. 002/010 seperti Sdr Dipo, Sdr. Topeh, Sdr. Oni dan lain-lain sehingga terwujud kegiatan malam puncak ini dengan meriah dan sukses

Sdr. Agus Wahyudi mengatakan bahwa perlu dimotivasi para remaja terutama mereka yang masih muda untuk bekerja aktif, gotong royong dan mengeluarkan pemikiran positif serta kreatifitas. Agus Wahyudi juga mengatakan bila para pemuda diberikan kepercayaan maka kami akan jaga kepercayaan tersebut. Warga yang menghadiri acara ini mengatakan sangat puas dan terhibur dengan apa yang dilakukan para pemuda RT.001/010 yaitu panggung hiburan malam puncak HUT RI Ke-69 sekaligus halal bi halal warga RT. 001/010.



Pada malam hiburan tersebut dihadiri oleh salah satu Pengurus RW yaitu Sekretaris RW. Pak Iwak yang menjabat Sekretaris RW mengatakan kagum atas kreatifitas warga RT. 001/010 karena selain melihat secara langsung penampilan qosidah, hadro dan tarian anak-anak pak Iwak juga memberikan sambutan yang pada intinya agar warga turut menjaga kebersihan lingkungan, keamanan dan ketertiban. Tak lupa pak Iwak juga menyampaikan Permohonan Maaf atas ketidakhadiran Ketua RW. 010 Yaitu Bapak Drs. H. Hartono, M.Si, yang seyogyanya malam puncak tersebut ingin berkenan hadir namun dikarenakan sesuatu hal yang sangat mendesak maka dengan menyesal Ketua RW. 010 tidak dapat hadir dan diwakilkan oleh Sekretaris RW. 010 juga pak Iwak menyampaikan salam Takjim dari Ketua RW. 010 untuk warga RT. 001/010 yang hadir pada malam itu. Namun demikian, Pak Iwak berharap agar warga tidak berkurang antusiasnya dalam mengikuti kegiatan malam hiburan ini. Sekretaris RW juga mengakui kekagumannya kepada para Pemuda RT. 001/010 karena acara malam puncak seperti ini sekarang sudah sangat jarang dilakukan. Para Pemuda sepenglihatan Sekretaris RW sangat kompak dan bekerja dengan baik sehingga apa yang dilakukan para pemuda perlu dijadikan contoh dan panutan. Sebagai perwakilan pengurus RW. 010, pak Iwak juga mengharapkan agar para pemuda terus berkreasi dan membuat inovasi supaya lingkungan yang ditempati terasa aman dan nyaman.

Pada malam hiburan ini begitu banyak yang ditampilkan sebagai bentuk hiburan dimulai dari Menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama sebagai bentuk Nasionalisme dan Patriotisme, penampilan anak-anak baik tari, dance dan puisi, Ceramah Agama sampai hiburan band. Tampak terlihat anak-anak begitu antusias dan semangat saat malam hiburan berlangsung, panasnya udara malam itu tidak mengendorkan semangat anak-anak, para remaja, Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang hadir mengikuti malam hiburan tersebut. Berdasarkan informasi dari panitia bahwa sebenarnya kegiatan ini masih kekurangan dana namun panitia tidak menyerah dan tetap mewujudkan kegiatan ini sampai dengan selesai.


Ketua RT. 001/010 mengatakan hal yang senada dengan Sekretaris RW dan lebih ditekankan kepada warga pendatang agar mengikuti aturan dan tata tertib yang ada dilingkungan RT. 001/10 serta menghimbau kepada warga untuk memberikan kepercayaan kepada para pemuda dan hal-hal negatif dapat diselesaikan secara baik dan ringan bila dilakukan dengan cara bersama-sama. Pengurus RT hanyalah sarana namun yang harus banyak berbuat adalah para warganya. Warga jangan hanya menuntut hak tapi kewajibannya tidak dilaksanakan, diakui oleh pengurus RT bahwa sekarang ini sudah banyak perubahan meskipun lambat tapi pasti ada perubahan yang nyata.

Kegiatan-kegiatan kewilayahan dan kepemudaan selama ini dilakukan oleh para pemuda RT. 001/010, ini membuktikan bahwa Para pemuda RT. 001/010 dapat dipercaya dan menjaga amanah yang diberikan untuk itu perlu terus dimotivasi, didukung dan disemangati agar semakin lama wilayah kita menjadi jauh lebih baik, kita tidak ingin wilayah kita ditakuti namun wilayah kita harus bisa disegani. Perlu kita ingat bahwa wilayah kita merupakan wajah dari Kelurahan Cipinang Melayu karena posisi kita yang berada di depan, untuk itu Nyok' bareng-bareng kite jage dan kite bangun wilayah RT. 001/010.

Semua kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar, meski harus diakui bahwa masih banyak kekurangan diberbagai sisi namun hal itu menjadi pelajaran bagi para pemuda agar lebih kreatif, inovasi dan memanfaatkan tekhnologi untuk dapat berkarya dan bekerja lebih baik. Hal ini juga sebagai tanda pecahnya "Bisul" para pemuda Jagur. Teruslah berkarya dan bekerja, berbuat positiflah untuk lingkungan mu. Maju terus GRJB dan semangat terus para Pemuda Jagur.










No comments:

Post a Comment